Tag Komentar di HTML

Setiap bahasa pemrograman seperti html atau skrip lainnya, harus memiliki tag komentar. Manfaat dari komentar adalah sebagai dokumentasi proses, program logika, deskripsi rumus atau penjelasan. Tag komentar di HTML cara membuat nya dengan tag <-! Sebagai awal komentar dan tag -> sebagai akhir komentar. Komentar tag di html ini bisa satu baris atau lebih, asal ada pembuka tag komentar dan penutupnya. Komentar tag html dapat ditulis sebelum kode html, di dalam  tubuh html , setelah html, atau di mana pun. Tapi tidak bisa dalam tag html lainnya.
Contoh penulisan memberi tag komentar di html:
<html>
<body>
<!– tag komentar awal konten –>
<p>
saya bisa belajar html dasar
</p>
<!– memberi komentar pada html –>
</body>
</html>
Jika dijalankan kode html tersebut, maka yang muncul hanya tulisan “saya bisa belajar html dasar” , Tag komentar juga bisa untuk menjelaskan link, gambar, dl.
<a href=”httP://seputarti.com”> Seputar ti</a> <!– Ini link dengan komentar>
Selanjutnya, penulisan komentar tag di html yang salah karena tag komentar berada di dalam tag html yang lain atau berada di kode html lain, seperti berikut:
<p <!– Tag komentar yang salah –>> Belajar komentar tag html</p>
Pemberian komentar tag pada html atau bahasa pemrograman lainnya tidak hanya sangat berguna bagi pemilik, namun juga penting untuk puhak  lain yang ingin memahami kode HTML buatan Kita, misalkan bila Kita lama tidak membuka kode-kode tersebut, maka kita akan lupa jika akan mengeditnya, alangkah baik dan amannya jika membuat komentar pada html lita.


EmoticonEmoticon