Chromebook ataukah Windows 10 ?

Chromebook telah berkembang pesat mulai dhari sekedar ingin tahu hinga menjadi sesuatu yang patut diperhitungkan. Menawarkan pengalaman sederhana n kemudahan, Google Chrome OS sangat mudah digunakn bahkan bagi orang yang sehari-harinya hanya menggunakn browser. Selain itu Chrome jg hadir dg laptop-laptop terjangkau di bawah 2 jt. Namun Microsoft tidak menganggap hal ini adl ancaman yang ringan.

Dengan diluncurkannya Windows 10, pengguna dpt mengambil keuntungan dhari start menu yang lbh baik, berikut sebuah asisten suara Cortana. Anda jg bsa mendptkan Windows 10 secara gratis melalueeeei upgrade. Meskipun Windows 10 adl OS baru, kamu thetap akn mendptkan Laptop yang sudah terinstall Windows 10 dg harga yang thetap.

Jadi, Platform manakah yang benar-benar cocok utkmu? Untuk mendptkan jawabannya kedua OS windows n Crome akn iadu dalam 12 kompetisi head to head.

Antarmuka

Dibandingkan dg Windows 8.1, Windows 10 terasa lbh terintegrasi n mulus. Menekan tombol start akn mengeluarkan Start menu baru yang berisi program-program yang sering digunakn n aplikasi yang baru saja diinstall. Padha sebelah kanan terdpt panel utk tiles-tiles yang lbh luas. Taskbar telah diperbarui dg menyertakn kolom search serta cortana di sebelah kanan kemuian ikon-ikon kecil dg tkamu strip di bawahanya yang menkamukn program mana yang seng terbuka.

Padha bagian kanan bawah desktop, Windows 10 mempunyai ikon pemberitahuan yang disebut Action Center, di mana kamu dpt melihat notifikasi dhari aplikasi yang aktif maupun tidak aktif. Ada jg pengaturan cepat dalam menu Action Center ini yang berbentuk tiles di bawah.

win10-2-601x400

Dalam versi terbaru Chrome OS, tombol Start Menu seperti iam di sudut kiri bawah. Ketika ditekan, sebuah launcher akn pop-up dg memiliki search bar Google n sekaligus Google Doodle berikut daftar aplikasi yang paling baru dtanteka. Gulir ke bawah kamu akn menemukan info Google Now, yang akn memberitahu kamu informasi seperti cuaca lokal, artikel yang disarankan berdasarkan aktifitas pencarian kamu n sebuah kalender update.

Taskbar padha Chrome OS menampilkan ikon utk aplikasi yang seng aktif, serta shortcut utk aplikasi-aplikasi penting google seperti Docs, Drive n Youtube. Pengaturan dasar seperti Wi-Fi n Waktu dpt iakses padha kanan bawah. Chrome OS dibangun sebagai sistem operasi Web-1, sehinga aplikasi biasanya berjalan di dalam jendela browser. Hal yang sama jg berlsaya utk aplikasi yang berjalan via offline.

chromeos-8

Baik Windows 10 maupun Chrome sama-sama mempunyai fitur snap window namun Windows 10 sudah ditingkatkan utk snap hinga empat window dibanding Chrome yang masih dua.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adl perangkat yang touch-friendly. Windows 10 n Chrome sama-sama support utk layar sentuh, apalagi Windows 10 yang benar-benar dibangun utk hasil maksimal. Windows 10 mempunyai mode tablet yang akn menghilangkan taskbar kamu n menempatkan semua aplikasi dalam modul full screen, kamu akn mendptkan ruang kerja yang minimalis tanpa adha gangguan-gangguan desktop. Dan dg aplikasi universal yang baru di toko aplikasi Windows, kamu akn dpt menjalankan sebagian besar program favorit di kedua mode desktop n tablet.

Pemenang: Chrome OS. Meskipun tidak mempunyai mode interface yang fleksibel, namun Chrome OS lbh menawarkan antarmuka yang sederhana n lbh mudah dharipadha Windows 10.

Cortana vs. Google Now

Dalam banyak hal, new Cortana padha Windows 10 memang seperti Google Now di Chrome. Mengklik Cortana padha bar pencarian akn menampilkan windows dg beberapa informasi yang berguna seperti cuaca, kalender n restauran utk dicoba jika kamu mengaktifkan fitur “Hei Cortana”, kamu dpt mengatakn sebuah frasa yang akn membuat jendela Cortana terbuka.

win10-1-601x400

Namun Cortana bsa melsayakn lbh banyak hal dharipadha Google Now: Anda bsa melsayakn pencarian file dg bahasa yang lbh natural, mendikte email, buku catatan n kamu jg bsa berckamu dg Cortana.

Pemenang: Windows 10. Cortana lbh fleksibel dharipadha Google Now.

Aplikasi n Perangkat Lunak

Bagi sebuah laptop agar berfungsi, kamu memerlukan program-program basic utk produktifitas, seperti editor foto, editor video, pemutar video, pemutar musik n browser. Untuk laptop Windows maupun Chromebook semua itu bsa dilsayakn, tapi OS Google masih dalam tahap perkembangan.

Jika adha program yang ingin kamu jalankan, Windows lbh banyak supportnya. Dan itu jg berlsaya bagi kebanyakn game yang bsa berjalan di Windows. Mencari game dg navigasi tablet ataupun layar sentuh? Anda jg bsa mendptkannya di Windows. Saat ini adha lbh dhari 205.000 aplikasi terdaftar di Windows Store.

win10-4-601x400

Beberapa aplikasi favorit terdpt di Windows seperti Facebook, Kindle n Flipboard. Aplikasi Dropbox jg berjalan mulus padha Windows 10 n sangat mudah digunakn semudah menggunakn Adobe Photoshop Express.

Chrome OS padha dasarnya adl sebuah browser besar, jadi jika kamu dpt menjalankan program atau bermain game melaui laman web itu artinya kamu jg bsa menggunaknnya padha Chrome. Tidak benar-benar terdpt sebuah program yang harus didownload, tapi terdpt deretan aplikasi-aplikasi yang layak utk dipakai. Perlu diingat, bagaimanapun jika sebuah permainan membutuhkan adobe flash atau plugin khusus maka kamu tidak bsa membukannya di Chrome.

Chrome Web Store saat ini menawarkan rtantean aplikasi, meskipun Google tidak memberikan jumlah yang pasti. Beberapa lusin aplikasi tersebut menawarkan setidaknya beberapa fungsi offline, seperti Kindle Cloud Reader n Google Drive utk membaca n mengedit di mana saja. Anda jg dpt mengubah pengaturan di beberapa program utk bsa iakses secara offline. Selain itu Google jg telah terhubung dg beberapa aplikas Crome n Android seperti Evernote n Spotify utk pengalaman perpindahan device yang seamless.

chromeos-2

Ada banyak program yang tidak bsa dijalankan padha Chromeboo, seperti Cyberlink PowerDirector. Chrome OS tidak mendukung berbagai program populer seperti Microsoft Word, Photoshop Express, Spotify n Facebook.

Pemenang: Window 10. Dalam kasus ini, lbh banyak berarti lbh baik

Jika kamu tertarik utk mecoba OS terbaru Windows 10 kamu bsa membelinya melalueeeei Web Store Online KliknKlik padha laman berikut ini Windows 10 Original

1
2
3


EmoticonEmoticon