Review Windows 10 bagian 2 (new UI & File explorer)

Antarmuka n Disain Baru

Kabar baiknya orang-orang yang merasa kesulitan menggunakn windows 8 akn kembali senang dg antarmuka Windows 10 yang tidak jauhhhhh berbeda dg Windows 7. Anda akn kembali mempunyai Start menu, meskipun adha beberapa hal mendasar yang berubah. Semua tombol fungsi bsa iakses dhari Taskbar yang berpenampilan flat . Batas window yang lbh tipis n hampir tidak kentara. Jika kamu terbiasa dg Windows 8, kamu tidak akn menemui lagi icon yang keluar dhari sisi kanan layar.

Action Center

Semua shortcut tersebut sudah dipindahkan ke dalam sistem tray yang disebut Action Center, ketika kamu mengklik icon ini akn muncul panel seperti padha panel notifikasi Jelly Bean. Hal ini dirancang agar sesuai dg konfiguarasi Pemberitahuan di Windows Phone. Penggunaan sistem ini tidak hanya sangat berguna namun jg powerful.

10240-set1-10-650-80

Terdpt area utk Quick Akses padha bagian bawah Action Center ini, seperti halnya yang kamu temui padha iOS atau Android, terdpt tombol-tombol utk mengatur fungsi dg ringkas seperti menyalakn n mematikan Bluetooth, Wifi atau GPS, Ini adl fitur yang layak utk didptkan.

Anda jg bsa langsung pergi ke pengaturan dg cara ini sebagai alternatif lain menggunakn start menu, sebagaimana seperti jika kamu menggunakn modus tablet. Dan sekarang jg adha fitur Note utk langsung membuka One Note melaui Quick Akses.

Melalueeeei Setting, kamu bsa memilih aplikasi Quick Akses mana yang boleh dimunculkan padha Action Center sekaligus dg ini mengijinkan aplikasi yang boleh mengirimkan notifikasi melalueeeei Action Center. Ketika sebuah notifikasi muncul, kamu bsa membersihkannya dg menyentuhanya, menyapunya dg mouse atau mengklik tkamu silang utk menutupnya.Tekan atau klik panah bawah utk melihat notifikasi lbh detail. Terdpt jg pilihan utk membersihkan semua notifikasi (Clear All).

windows10-2  (1)-650-80

Pop up notifikasi padha Windows 10 akn muncul di kanan bawah berkebalikan dg Windows 8.

10240-set1-36-650-80

Start Menu

Tampilan Start menu seperti padha Windows 8 dg tampilan terkotak-kotak yang bergerak-gerak (Live Tiles) menampilkan sekilas informasi dhari aplikasi yang bersangkutan. Selain itu, Start Menu Windows 10 lbh seperti Windows 7, dg tombol utk mematikan atau merestart PC, serta aplikasi yang sering digunakn n kamu jg bsa melsayakn scrolling secara vertikal utk memilih aplikasi dalam urutan abjad melalueeeei menu All Apps. File Explorer n Setting jg adha di situ.

10240-set1-35-650-80

Anda jg bsa melsayakn Scroll Down padha area Live Tiles. Anda bsa mengelompokkan Tiles-Tiles yang adha seperti yang adha padha Windows 8. Anda bsa me-resize ukuran startmenu dg cara mengeser tepi-tepinya n ini merupakn fitur baru. Bagaimanapun, kamu tidak bsa memilih utk tidak menggunakn fitur Tiles ini.

Kolom search tidak lagi beradha di dalam start menu, tapi sekarang beradha di bawah (Taskbar) meskipun kamu thetap bsa langsung mengetik kolom search ini jika kamu seng beradha padha Start menu.

10240-set1-34-650-80

Untuk melsayakn lock desktop n sign out kamu harus mengeklik account picture yang beradha di atas start menu.

Taskbar

Tidak banyak perubahan yang dilsayakn Microsoft padha bagian ini, hanya tombol start menu yang lbh kecil dhari sebelumnya, sebuah kalender baru yang bsa kamu akses dg mengeklik jam n penkamu aplikasi aktif dg sebuah garis yang tampil di bawah icon yang tersemat di panel taskbar.

File Explorer

File Explorer mendptkan beberapa penambahan. Anda akn mendptkan sebuah Quick Akses utk melsayakn pin atau unpin folder-folder yang sering kamu buka. Padha home screen kamu jg akn melihat folder yang sering kamu gunakn n file file terakhir yang kamu pakai. Sangat berguna n membantu.

Anda bsa melsayakn pin folder ataupun file dg cara klik kanan kemuian add to Quick Akses.

10074  (7)-650-80

Anda jg akn menyadhari bahwa beberapa icon telah diubah â€" iantaranya seperti Recycle Bin. Ada banyak menu-menu pengoperasian file yang bsa kamu akses padha panel ribbon yang terletak di atas window tanpa perlu melsayakn klik kanan.

Logo share windows 8 sekarang sudah digunakn utk sharing file dhari semua apps. Anda bsa memilih utk mengirimkan file melalueeeei email secara langsung dhari file explorer atau menjadikannya berkas zip.

10240-set1-5-650-80

Seperti yang kamu duga, OneDrive jg diintegrasikan dg File explorer. Dan sekarang Onedrive sudah menjadi bagian utuh dhari Windows 10.

10240-set1-4-650-80

Universal Apps n Windows Store Baru

Windows 10 melsayakn sebuah gebrakn besar dalam hal aplikasinya, baik yang dhari Microsoft sendiri maupun aplikasi pihak ketiga. Microsoft berencana melsayakn lompatan besar padha apa yang disebut Universal Apps. Sebuah harapan besar bahwa para pengembang akn mengembangkan aplikasi ia sekali n akn bekerja baik padha PC, Ponsel maupun Xbox. Dan jg padha dasarnya dpt dijalankan di semua ukuran layar. Hal ini dikenal sebagai Universal App Platform atau disingkat UAP.

Universal app ini adl sebagai pengganti apps yang padha Windows 8 n 8.1 kita kenal sebagai apps Metro atau apps Modern UI. Apps ini berbeda dg desktop apps, namun apps ini mampu bekerjasama dg desktop apps.  Apps ini jg mempunyai Tiles-nya sendiri di dalam Start menu.

10240-set1-18-650-80

Microsoft tidak ingin melsayakn kesalahan yang sama dg yang pernah ia buat padha Windows 8 â€" yang ia duga para pengembang akn berduyun-duyun pindah ke OS yang baru â€" selain itu krna hal ini akn memudahkan para pengembang utk mengkonversi aplikasi Android ia ke Windows, secara Microsoft Visual Studio 2015 kini sudah support Objective C (bahasa pemrograman yang digunakn utk membuat app iOS) n bsa mengkompilasinya menjadi apps Universal.

Ini bertujuan bukan supaya para pengembang berbondong-bondong pindah ke Windows namun lbh supaya utk meminimalisir kesulitan dalam hal upaya porting ke Windows app, dg demikian para pengembang tidak lagi mengatakn bahwa ia lbh mengutamakn iOS n Android. Hal semacam ini cukup menarik utk kita lihat kedepannya.

Terdpt sebuah pusat aplikasi baru padha Windows 10 ini yang kita sebut Windows Store, dg desain yang baru yang akn menjadi rumah bagi desktop apps n universal apps.

10240-set1-20-650-80

Seperti halnya universal apps, desktop apps jg diinstal n diuninstal melalueeeei Windows Store ini sehinga secara teori kamu hanya perlu melsayakn klik dg mudah utk menginstal aplikasi ataupun mencabutnya tanpa harus bersusah payah.

10240-set1-19-650-80

Para pengembang nantinya akn menggunakn App-V (Application Virtualization) package utk membundle desktop app ia padha Windows Store. Semua pengembangan, info, lisensi n penjualan aplikasi akn iatur oleh portal toko aplikasi ini sehinga semua manajemen menjadi terpusat.

Lanjut padha Review Windows 10 part 3 (built in app n tips cara menggunakn desktop Windows 10)


EmoticonEmoticon