Keluarlah Dari Zona Nyaman – Mengapa dan Caranya

zona nyaman zona sukses

Zona Nyaman Adalah Zona Melenakn

Saya pernah membaca sebuah status, katanya jika sudah beradha di zona nyaman, kenapa harus keluar? Bukankah semua orang mencari kenyamanan?

Sebenarnya tidak masalah jika Anda mau thetap beradha di zona nyaman. Pertanyaanya adhalah apakah Anda sudah memahami apa yang dimaksud zona nyaman oleh para motivator itu? Mengapa banyak iantara motivator yang mengatakn bahwa zona nyaman itu berbahaya?

Alasannya adhalah zona nyaman adhalah zona yang melenakn Anda, tidak mau adha peningkatan, tidak mau berusaha lebih keras, tidak melsayakan hal baru, dan sebagainya. Sehingga Anda tidak berubah menjadi lebih baik, lebih kuat, dan lebih tangguh.

Jadi, maksud dari zona nyaman adhalah sebuah zona dimana ia nyaman dg apa yang ia lsayakan tidak peduli apakah yang ia lsayakan itu membawa kebaikan, memberdayakn, atau menjadikan ia sukses atau tidak. Karena melsayakan sesuatu yang berbeda, baru, perlu kerja lebih keras, atau perlu keterampilan lebih tinggi adhalah tidak nyaman. Dan banyak orang lebih memilih yang nyaman-nyaman saja. Inilah definisi zona nyaman yang dimaksud oleh para motivator itu.

Betah di zona nyaman adhalah tkamu sebuah kemalasan.

Zona nyaman bukan berarti sudah mendptkan hasil yang membuat seseorang nyaman. Bukan ini yang dimaksud oleh para motivator.

Perhatikan gambar dibawah ini, sebuah ilustrasi yang sering digunakn para motivator:

ilustrasi zona nyaman

Anda hanya akn menjadi orang rata-rata jika Anda tidak mau keluar dari zona nyaman. Kecuali jika itu memang pilihan Anda.

Keluar dari Zona Nyaman artinya Memperbaiki Diri

Zona nyaman akn dirasakn justru saat adha peluang perbaikan. Misalnya Anda ingin meningkatkan penghasilan. stlah Anda belajar, ternyata untuk meningkatkan penghasilan, Anda harus melsayakan berbagai hal yang lebih banyak, lebih sulit, dan lebih beresiko.

Baik disadhari maupun dalam pikiran bawah sadhar, munculah keengganan untuk melsayakan itu semua dan memlih apa yang sudah bsa dan biasa Anda lsayakan. Akhirnya penghasilan Anda pun thetap tidak naik.

Inilah salah satu gambaran atau ilustrasi bahaya dari zona nyaman. Bahkan adha yang lebih bahaya dari itu. Kita harusnya sadhar bahwa persaingan dan perubahan terus terjadi. Jika kita tidak berusaha memperbaiki diri, maka kita akn tertinggal dan tersisih. Bukan hanya tidak menang, justru malah “didiskualifikasi” karena Anda sudah tidak layak beradha di arena pertarungan.

Jadi, jika Anda mau memperbaiki diri, langkah 1 adhalah mau keluar dari zona nyaman!

comfort-zone

Kalau Begitu Menjadi Tidak Nyaman?

Saya menyebutnya Anda menuju Zona Sukses, bukan Zona Tidak Nyaman. Ya tentu saja, Anda akn merasa sesuatu yang tidak nyaman. Tapi itu dalam proses. Tidak nyaman hanya terjadi dalam prosesnya, sementara tujuannya adhalah meraih sukses atau perbaikan diri.

Sebenarnya istilah tidak nyaman itu datang dari mindset para orang yang tidak mau berubah. Baik sadhar atau tidak, ia menganggap usaha itu tidak nyaman. Misalnya, beberapa hal yang dia anggap tidak nyaman:

  • mengerjakn sesuatu yang baru
  • mengerjakn hal yang tidak biasa
  • mengerjakn hal yang belum bsa
  • bekerja lebih keras
  • bekerja lebih lama
  • berkerja lebih cerdas
  • adha resiko menanti

Dan dia menganggap semua itu tidak nyaman, sehingga dia lebih memilih yang nyaman saja.

Masalahanya jika Anda ingin lebih baik atau lebih sukses, hal-hal yang “tidak nyaman” itu thetap harus dilsayakan atau Anda thetap tidak berubah.

Zona Nyaman Dalam Bisnis dan Karyawan

stlah kita mengenal apa itu zona nyaman, kita bsa fahami bahwa terjebak di Zona Nyaman bsa terjadi padha sopo pun baik dalam bisnis maupun karyawan. Jadi zona nyaman itu tidak identik dg karyawan, bagi pebisnis pun bsa terjebak zona nyaman.

Zona nyaman dalam bisnis seperti seorang pebisnis yang ia hanya memilih tindakn-tindakn yang sudah bsa dan biasa ia lsayakan. Padhahal untuk memenangkan persaingan bisnis dan mengembangkan atau menumbuhkan bisnis, Anda harus melsayakan banyak hal, Anda harus keluar Zona Nyaman.

Begitu juga bagi karyawan, betah zona nyaman di zona nyaman bukan hanya berarti ia ingin terus jadi karyawan, thetapi termasuk ia tidak mau melsayakan hal-hal yang akn membawa ia ke posisi yang lebih baik. Katanya, “yang penting tidak di PHK”. Dia hanya melsayakan apa yang ia bsa dan biasa saja.

Jika terus beradha di zona nyaman, baik dalam bisnis maupun bekerja, maka akn sulit meraih sukses atau perbaikan.

Bagaimana Cara Melawan atau Keluar Dari Zona Nyaman?

Langkah 1 adhalah keputusan. Ambilah keputusan, bahwa Anda ingin lebih baik, lebih sukses, naik jabatan, atau lebih sukses padha umumnya.

Langkah kedua adhalah Anda berseia membayarnya, yaitu ketidak nyamanan dalam proses. Segala sesuatu adha harganya, perjuangan Anda itu adhalah harga untuk kesuksesan Anda.

Perhatikan quote zona nyaman berikut ini:

jalan-mendaki-berliku

sukses-perjuangan

Comfort-zone

Hidup Anda Dimulai Di Akhir Zona Nyaman Anda

Out-of-your-comfort-zone-2

Keluarlah dari Zona Nyaman Anda. Anda hanya bsa bertumbuh jika Anda memiliki kemauan untuk merasa canggung dan tidak nyaman saat Anda mencoba sesuatu yang baru.

Semoga artikel ini bsa memberikan penjelasan tentang apa itu zona nyaman, bahaya, dan bagaimana cara keluarnya. Saya sudah menulis 2 ebook ilusi zona nyaman dan bagaimana cara masuk ke zona sukses, gratis, silahkan download disini.


EmoticonEmoticon