Kiat Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Kiat-Menjadi-Pengusaha-Sukses-dg-Modal-Kecil

Modal Kecil Bukan Alasan Tidak Menjadi Pengusaha Sukses

Yang penting adhalah … mindset. Kiat menjadi pengusaha sukses dg modal kecil adhalah memiliki mindset yang benar dan mindset yang besar.

Bukan modal yang menentukan sukses atau tidaknya Anda sebagai pengusaha, thetapi 80% ditentukan oleh mindset.

Mindset seperti apa yang menjadikan seseorang sukses meski ia bermodalkan kecil?

Inilah yang akn dibahas padha artikel ini. Fahami artikel ini, jadikan prinsip Anda dalam membangun bisnis, maka tidak peduli sebesar apa pun modal Anda saat ini, maka Anda akn berhasil. In syaa Allah.

Tidak Apa-apa Modal Kecil Yang Penting Berpikiran Besar

Modal kecil bukan penghalang, jika Anda memiliki pikiran yang besar.

Coba Anda renungkan fakta di lapangan ini.

Ada banyak tukang bakso. Mungkin dimulai dari kebutuhan untuk mendptkan nafkah, ia mau mendorong gerobak atau memikul pikulan bakso keliling kampung.

Dan bsa kita lihat.

Ada sebagian yang terus jualan bakso berpuluh-puluh tahun.

Ada yang beralih ke profesi lain yang hasilnya tidak jauhh beda.

Sementara adha juga iantara dia …

Memiliki kedai bakso dipinggir jalan.

Memiliki restosan bakso yang berkelas di mall-mall.

Memiliki ratusan anak buah yang menjajakn baksonya.

Apa yang Anda tangkap dari kenyataan ini?

Bukan masalah apakah ia dagang bakso dg penghasilan yang kecil yang menentukan keberhasilan seseorang, thetapi lebih penting adhalah bagaimana cara ia berpikir.

Sama-sama jualan bakso, tapi ujungnya beda. Perbedaanya adhalah adha di pikiran dia.

Jadi, tidak masalah modal Anda kecil, tapi miliki pikiran besar.

Bagaimana caranya berpikir besar?

  1. Miliki keinginan Anda akn sukses sebagai pengusaha.
  2. Miliki visi yang besar, gambaran masa depan yang Anda inginkan.
  3. Miliki optimisme bahwa Anda akn sukses.
  4. Bangun kepercayaan diri, bahwa Anda mampu membesarkan bisnis Anda, meski saat ini masih kecil.

Jadi, Bagaimana Caranya Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil?

Jika Bisnis Anda Mau Besar, Anda Butuh Modal Besar

Katanya bsa dg modal kecil?

Tidak. Jika Anda memiliki modal kecil, maka bisnis yang Anda bangun akn kecil juga. Bisnis besar akn membutuhkan modal besar.

Jika Anda ingin membangun usaha yang besar, Anda harus membangun modal atau aset. Dan itu bsa dimulai dari modal kecil.

Bisnis dg modal kecil hanyalah awal. Gunakn bisnis kecil Anda ini, leverage it, sehingga Anda memiliki bisnis besar.

Artinya, jika Anda ingin sukses, Anda harus memiliki prioritas untuk memperbesar bisnis Anda dg cara membangun aset. Jangan buru-buru ingin cepat menikmati. Saat Anda sudah mulai memiliki penghasilan atau keuntungan, usahakn untuk menyisihkan sebagian untuk membangun aset Anda. Istilahanya Anda harus mengumpulkan modal.

Anda bsa mengumpulkan modal dg berbagai cara. Bisa dg menabung dalam bentuk tunai untuk keperluan yang lebih besar, misalnya membeli aset. Atau menambah stok produk. Membangun data base pelanggan. Dan sebagainya yang memperbesar bisnis Anda.

Godaan terbesar padha pengusaha pemula ialah ingin cepat-cepat bergaya dari hasil usahanya. Tunda dulu, jangan cepat puas. Perkuat bisnis Anda, perbesar bisnis Anda.

Anda memang tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis Anda. Tapi Anda butuh modal besar jika bisnis Anda ingin besar, maka bangunlah modal Anda secara bertahap.

Ini mindset penting selanjutnya jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses dg modal kecil. Ingat ini: membangun bisnis dg modal kecil hanyalah awal, agar Anda memiliki modal besar, untuk membangun bisnis besar.

Banyak yang salah, saat mulai memiliki penghasilkan dari bisnis kecil ia meningkatkan gaya hidupnya dulu, sementara bisnis thetap kecil.

Perbesar Kapasitas Diri Anda

Ada seorang teman, ia berkesempatan mendptkan peluang bisnis yang besar, menggiurkan. Dia mengambil peluang itu, dan tidak butuh waktu yang lama penghasilannya sudah bagus.

Tapi …

Tidak membutuhkan waktu lama juga, bisnisnya menurun kembali. Bukan pasar yang kurang. Bukan cara ia memasarkan yang kurang.

Tapi ia tidak bsa mengelola bisnisnya.

Mengapa?

Saya ibaratkan seperti Anda menemukan sebuah danau, tapi wadhah yang Anda miliki cuma sebuah cangkir. Maka air yang bsa Anda dptkan hanya satu cangkir.

Jika Anda mau air satu ember, maka Anda harus memiliki sebuah ember untuk mengambilnya. Jika mau satu drum? Ya, Anda butuh drum.

Artinya, jika Anda ingin mendptkan lebih banyak, Anda harus memiliki “wadhah” yang lebih besar.

Sama halnya dg bisnis. Jika “wadhah” atau kapasitas diri Anda kecil, maka akn terhambat untuk mendptkan hasil besar, meski Anda mendptkan peluang yang besar. Peluang besar akn percuma jika kapasitas diri Anda kecil.

Apa itu kapasitas diri?

  • Mindset, optimisme, dan kepercayaan diri.
  • Memiliki ilmu inti bisnis yang memadhai seperti pemasaran, kepemimpinan, daya ungkit, membangun sistem, dan cara mengakses sumber daya seperti saya jelaskan di video Bisnis Anti Gagal.
  • Memiliki wawasan yang luas.

Jangan terjebak hal teknis, sementara ilmu penting lainnya malah iabaikan.

Yang saya tahu, teman-teman yang saya kenal dan ia sudah berhasil, dia thetap mengikuti pelatihan dan coaching yang biayanya cukup mahal. Karena dia sadhar akn pentingnya kapasitas diri.

Jika Anda masih berpikir “yang penting action”, artinya Anda masih beradha padha tataran memulai. Jika mau memperbesar bisnis, bukan hanya action yang dtantetuhkan, thetapi action yang tepat. Action yang tepat akn diketahui dari ilmu yang Anda miliki berlkamusakn mindset yang positif.

Mintalah Pertolongan Allah Sejak Awal

Saya yakin, Anda sudah faham tentang pentingnya pertolongan Allah. Sayangnya banyak orang yang lupa Allah saat memulai bisnis. Mereka baru ingat Allah saat adha masalah.

Tidak salah sebenarnya, saat adha masalah ingat Allah, memang seharunya. Tapi jangan lupakn Allah saat Anda memulai. Mintalah pertolongan dan petunjuk Allah agar Anda dibimbing menjalankan bisnis yang bukan hanya akn menguntungkan thetapi juga membawa berkah.

Tawakal bukan hanya iakhir ikhtiar, thetapi dimulai sejak Stlah azam, saat ikhtiar, dan Stlah ikhtiar.

Kesimpulan

Sukses atau tidaknya Anda menjadi pengusaha bukan ditentukan oleh besar atau kecilnya modal, thetapi ditentukan oleh mindset Anda dan kapasitas diri Anda serta pertolongan Allah. Untuk itu belajarlah memiliki pikiran positif juga berpikir besar, tingkatkan kapasitas diri dan dekatkan diri kepadha Allah agar kita mendptkan pertolongannya.


EmoticonEmoticon