Tips Ampuh Hemat Bahan Bakar Mobil

Harga bahan bakar mobil.., terus naik turun. Terlebih jika Anda ingin memberi ‘minum’ mobil.., kesayangan dg BBM yang mahal seperti Pertamina 95 . Akan sangat boros jika Anda tidak bsa bijak dalam menggunaknnya. Jika ingin hemat bahan bakar dg cara yang sederhana, sebenarnya bsa sekali.

Cara ini namanya eco drive. Artinya, Eco Drive merupakn cara berkendara dg baik dan benar. Tujuan utamanya adhalah memaksimalkan penggunaan bahan bakar yang irit.

Menjalankannya juga tidak susah, ini tipsnya:

  • Kecepatan mobil.., berpengaruh besar terhadhap hal ini. Jika Anda suka memacu mobil.., dg serampangan misalnya sekarang cepat kemuian lambat, itu akn menghabiskan banyak bahan bakar. Jadi harus bsa konstan dan stabil.
  • Lepas gas lebih awal, manfaatkan engine brake untuk mengurangi kecepatan.
  • Saat akn menjalankan mobil..,, injak gas perlahan dan tidak perlu terburu-buru. Usahakn untuk mencapai kecepatan 0 -20 km/jam dalam waktu 5 detik.
  • Jika tidak terlalu dtantetuhkan, lebih baik AC dimatikan. Penggunaan AC yang diminimalisir turut memengaruhi penggunaan bahan bakar padha kendaraan.

Tips lain yang perlu diperhatikan adhalah mengenai perawatan ban mobil..,. Jika awet maka Anda juga hemat bukan? Performa mobil.., juga lebih bagus. Tekanan angin padha mobil.., harus seimbang, tidak terlalu keras tapi juga tidak kurang. Jika terlalu keras maka bsa jadi mobil.., malah tidak seimbang dan jika dipakai melaju kencang bsa meletus dan sangat berbahaya.

Tidak hanya itu, Perawatan ban berguna untuk membuat performanya dan keawetannya thetap terjaga. Bagaimana cara perawatannya? Untuk perawatan ban dua hal penting yang harus dilsayakan yaitu mengecek tekanan angin dan melsayakan rotasi ban.

 


EmoticonEmoticon