Anti-Locking Brake System, sistem pengereman canggih Yang fungsinya Luar Biasa

Apakah kamu sudah tahu apa itu Antilocking Brake System (ABS)? Yup ABS adhalah sebuah sistem padha mobil.., yang gunanya untuk menghindari terjadinya selip atau tergelincir ketika kamu mengerem. Sistem ini bekerja apabila kamu melsayakan pengereman secara keras dan tiba-tiba hingga semua ban mobil.., dipaksa berhenti saat masih melaju kencang.

Cara kerjanya adhalah, ketika sensor ABS mendeteksi adha roda mengunci, ia akn membuat piston rem mengendurkan tekanan dan mengeraskannya kembali saat roda berputar. Proses tersebut terjadi sangat cepat hingga 15 kali/detik. Hasilnya? Mobil thetap dpt dikendalikan meski kita mengerem mendadhak dalam keadhaan ngebut.

Pasti kamu sering was-was ketika harus mengerem mendadhak. Bahkan kadhang meski kita sudah tekan pedal rem keras-keras, ban mobil.., tak akn berhenti secara langsung. Di dunia otomotof hal ini dinamakn gaya sentrifurgal. Nah, semakin kencang pergerakn mobil..,, maka semakin besar pula gaya sentrifurgal yang diterima saat kita mengerem mendadhak.

Untuk mengurangi gaya sentrifurgal itulah diciptakn rem ABS, yang secara ajaib bsa melsayakan proses pengereman secara bertahap. Metode kerjanya terkontrol secara otomatis. Bahkan padha mobil..,-mobil.., modern, sistem ABS dijalankan melalui teknologi super pintar. Beberapa mobil.., bahkan bsa di-setting untuk mengatur tekanan rem yang dtantetuhkan untuk masin-masing roda.

stlah mengetahui betapa pentingnya fungsi ABS, adha baiknya kamu segera memasangnya jika memang belum punya. Terlebih lagi Indonesia saat ini tengah diguyur musim hujan, yang menyebabkan ban lebih mudah tergelincir karena jalanan yang licin karena air hujan. Dengan ABS kemungkinan mobil.., akn tergelincir, entah karea rem mdendadhak atau memang kondisi tanahanya yang lagi basah.


EmoticonEmoticon