Bagian Kolong Mobil Yang Mudah Kotor dan Wajib Untuk Diperhatikan

Meski sudah mulai berkurang, namun hujan masih turun secara tak terduga dalam beberapa waktu terakhir ini. Seperti diketahui, banyak yang sangat tidak suka dg hujan, karena selain membuat jalanan licin, air-nya juga bsa membuat mobil.., gampang kotor.

Kolong mobil.., adhalah salah satu bagian yang sangat sangat rawan kotor. Akuilah, pasti kamu sering tidak peduli dg bagian kolong mobil.., kamu karena memang tak bsa dilihat oranglain kan? Padhahal perlu diketahui jika di bagian bawah mobil.., terdpt berbagai macam komponen metal yang rentan keropos jika tak dirawat dan terus dibiarkan kena air.

Maka dari itu, setidaknya seminggu sekali lsayakan pembersihan kolong mobil.., kamu. Tapi jika hujan di kota kamu sangat sering mengguyur dan mobil.., kamu sering menerobos air banjir, maka wajib lsayakan pemeriksaan dua kali dalam seminggu.

Nah, berikut ini adha beberapa titik yang wajib dibersihkan dan diperiksa secara teratur agar mobil.., kamu selalu dalam kondisi terbaikk..

1. Komponen AS
Komponen AS roda, khususnya penggerak roda depan wajib untuk selalu dibersihkan. Pasalnya, butiran tanah, kotoran, hingga cipratan air sering menempel dan membuat karet pelindung AS roda rusak. Jika dibiarkan terus, efeknya dalam jangka panjang adhalah kotoran itu akn terus menumpuk. Padha akhirnya bsa jadi pelumas padha joint kopel terbuang dan mudah rusak.

2. Lantai Pelindung
Untuk menghindari cipratan air maupun kotoran lainnya padha lantai pelindung, beberapa produsen mobil.., sengaja memasang pelindung box mesin. Biasanya proyektor ini dipasang dg klep karet atau mur dan terkadhang mudah kendur. Selalu pastikan jika bagian itu selalu rapat sehingga komponen bagian dalam terjaga bersih dan mesin terjaga secara maksimal.

3. Steering Rack
Kotoran dari air hujan rentan menumpuk padha karet boot pelindung sistem kemudi rack dan pinion berpengaruh besar untuk membuat oli power steering bocor. Untuk membersihkan part ini, pastikan tidak adha rembesan oli sehingga sistem kemudi thetap normal.

4. Suspensi
Salah satu bagian yang paling penting untuk diperhatikan lainnya adhalah per suspensi. Jika kotor, komponen penopang beban kendaraan ini rawan mengeluarkan suara deictan yang membuat risih telinga ketika berkendara. Selalu bersihkan bagian ini karena sil karet sangat rawan rusak.

5. Kondensor AC
Posisi kondensor AC sangat rendah dan dekat dg jalan hingga membuatnya rentan terkena debu dan kotoran lainya. Walhasil kisi-kisi kondensor akn mudah kotor. Jika sudah begitu, maka secara otomatis kotoran akn menghambat pelepasan AC panas dan kinerja mesin jadi terganggu.

Jika bagian-bagian di atas sealu kamu perhatikan, dijamin perjalanan kamu akn selalu nyaman. So jangan malas ya!


EmoticonEmoticon