Cara Simpel Mengganti Aki Mobil Sendiri

Aki adhalah salah satu komponen paling penting bagi kendaraan bermotor. Ketika zat satu ini sudah mulai tidak berfungsi, maka seperti kamu ketahui, banyak masalah, terutama padha hal-hal yang berhubungan dg listrik yang akn bermunculan.

Salah satu yang paling bikin kesal tentunya adhalah mesin tak bsa dinyalakn. Jika hal ini terjadi, maka solusi satu-satunya adhalah mengganti aki mobil.., kamu. Nah, sekarang pilihannya, kamu bsa memanggil montir untuk melsayakannya, atau melsayakannya sendiri di rumah.

Well, sebenarnya mengganti aki mobil.., bukanlah hal yang susah, terutama jika kamu mengikuti step-step berikut ini..

Pertama-tama, kamu harus tahu bagaimana cara melepas kabel dan juga paham kabel wajib mana yang harus dilepas dahulu. Untuk menghindari masalah tak diinginkan, disarankan untuk melepas kabel negatifnya terlebih dahulu. Lepas atau longgarkan baut dan klem pengikat di sisi negatif dulu, lalu lanjutkan padha sisi positifnya. stlahanya, angkat aki dari tempatnya secara tegak lurus. Kenapa? Agar air akinya tidak tumpah-tumpah.

Langkah berikutnya, pasang aki yang baru dan tentunya jangan lupa pasang lagi kabel serta klem seperti posisi awal. Bedanya, untuk memasang, dulukan kutub positif supaya tidak timbul reaksi. Lalu bersihkan keseluruhan aki. Sangat disarankan untuk menggunakn cairan anti korosi untuk hal ini.

Jikalau kamu menemukan korosi yang menutupi ujung kabel, lebih baik bersihkan dahulu sebelum memasangnya. Pasalnya, kotoran itu akn menjadi isolator yang dpt menghambat proses penyaluran energi nantinya.

Jika memang kamu terlalu stantek dan tak mau repot, jalan satu-satunya adhalah memanggil tukang bengkel untuk datang ke tempat kamu. Namun jangan lupa pastikan dulu memakai yang terpercaya ya!


EmoticonEmoticon