Evaporator AC Mobil Anda Bermasalah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Satu hal yang sangat dicari-cari ketika berkendara dalam mobil.., dan dalam keadhaan cuaca panas menyengat adhalah AC! Yup, tiupan angin dingin yang dikeluarkan dijamin membuat suasana jadi lebih adem dan segar. Tak heran jika AC adhalah salah satu komponen yang paling penting untuk dirawat padha mobil..,.

Namun perlu diketahui jika adha kalanya evaporator AC akn mengalami masalah dan akhirnya menimbulkan bau kurang sedap dalam kabin mobil..,. Dari baunya sebenarnya kita bsa menentukan kerusakn apa yang sedang terjadi.

Evaporator AC memiliki batas umur tertentu agar bsa thetap berfungsi secara optimal. Normalnya, umur evaporator AC adhalah sekitar 5 tahun. Nah, jika sudah melewati masa itu, adha kalanya berbagai masalah muncul, terutama timbulnya bau-bau kurang sedap menyengat seperti bau gosong. Udara yang dihasilkan AC pun secara perlahan akn berkurang tingkat dinginnya dan adha juga bunyi mendesis yang terus keluar.

Salah satu alasan dari gejala-gejala di atas adhalah adhanya debu yang menghalangi evaporator karena jarang dibersihkan. Namun kebanyakn hal itu terjadi karena faktor usia dari evaporator. Jika tkamu-tkamu di atas muncul, maka besar kemungkin terjadi kebocoran freon. Untuk membuktikan kebocoran itu, kamu bsa melihatnya ketika membongkar komponen AC. Jika adha cairan semacam minyak yang muncul padha evaporator, berarti memang benar adha kebocoran freon.

Jika hal ini terjadi, lebih baik kamu mengganti evaporator AC dg yang baru atau membawanya ke bengkel terdekat. Namun jika kamu malas, lebih baik panggil tukang servis mobil.., untuk mendatangi keiaman kamu. Sebelum itu jangan lupa pastikan orang yang kamu panggil terpercaya ya.


EmoticonEmoticon