Faktor-Faktor Kelelahan Saat Mengemudi Mobil, Segera Hindari!

Rasa capek dan kantuk kadhang menyerang secara tiba-tiba, tak terkecuali ketika seseorang berkendara. Padhahal berkendara dalam keadhaan lelah memiliki risiko kecelakaan 20 kali lipat lebih besar dari orang normal. Perlu diketahui beberapa efek lelah adhalah berkurangnya kewaspadhaan, hilangnya insting pengambilan keputusan dan menurunnya kemampuan berkendara secara keseluruhan.

Menurut Rifat Sungkar sang atlet motosport professional tanah air, penyebab lelah disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor tidur, apakah adha gangguan atau kurang tidur, sayamulasi dari tidur yang kurang, dan juga kurangnya waktu tidur dalam waktu panjang atau lebih dari 17 jam.

Berikutnya faktor kerja. Apakah kamu bekerja dg waktu yang lama sehingga tidak adha waktu pengganti untuk beristirahat? Hal ini bsa memicu efek gampang lelah ketika berkendara. Dan yang terakhir adhalah faktor kesehatan, yakni apakah kita tengah dalam keadhaan sehat sempurna ketika berkendara atau sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.

Berikut ini adhalah beberapa tkamu dari orang kelelahan yang harus kamu ingat baik-baik:

1. Hilangnya tingkat kewaspadhaan, keadhaan di mana kamu tidak dpt merespon atau bergerak dg cepat ketika dalam keadhaan darurat atau melsayakan tindakn keamanan seperti saat mobil.., kondisi normal.

2. Mengantuk, perasaan mengantuk dan mungkin agak melayang dan tertidur ketika mengemudi terkadhang tidak diketahui. Percayalah, kondisi seperti ini banyak sekali menyebabkan kendaraan keluar dari lintasan dan berakibat fatal, yakni kecelakaan.

3. Tertidur ketika berkendara, beberapa kejaian buruk mengenai kecelakaan tunggal penyebabnya adhalah pengendara tertidur ketika sedang berkendara. Dalam kondisi tertidur, tentu kewaspadhaan dan control kita hilang total sehingga kecelakaan sudah bsa dipastikan terjadi.

Menurut Rifat, otak yang lelah kemungkinan besar dipengaruhi oleh berbagai masalah, entah itu dalam pekerjaan, rumah tangga dan lain-lain, situasi ini sangat berpengaruh ketika kamu menghadhapi suatu masalah di saat berkendara.

Tips untuk mengatasi kelelahan hanya adha satu cara, yakni tidur yang cukup dan istirahat. Tujuh setengah jam adhalah waktu yang harus Anda gunakn untuk tidur dan istirahat. Selain itu asupan maknan yang cukup dan tidak berlebihan juga bsa membantu Anda mengatasi kelelahan.


EmoticonEmoticon