Gejala-Gejala Buruk Yang Wajib Diingat Pemilik Mobil Matic

Mengendarai mobil.., bukanlah hal yang mudah dan langsung bsa dilsayakan dalam waktu satu hari saja. Bahkan adha juga yang membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum akhirnya siap dilepas sendiri ke jalan raya bersama tunggangan dia. Namun saat ini ceritanya berbeda. Demi mempermudah para pengendara, mobil.., matic dirilis.

Meskipun begitu, bukan berarti mobil.., matic tak punya celah atau kekurangan. Karena murni menggunakn sistem elektronik, maka jangan heran jika jenis matic lebih rewel dan butuh maintenance yang lebih sering ketimbang mobil.., manual. Akan sangat ianjurkan bagi kamu untuk setidaknya mempelajari gejala-gejala kerusakn yang sering terjadi padha mobil.., matic untuk mempermudah pencegahannya. Berikut daftarnya..

1. Pindah Gigi
Salah satu gejala kerusakn paling sering ditemui padha mobil.., matic adhalah ‘hentakn’ tiba-tiba ketika kamu memasukkan gigi di awal. Hal ini terjadi karena oli matik yang bocor hingga tak mampu menahan perpindahan gigi padha rpm yang seharusnya. Cara mendeteksinya? Menggunakn socket OBD engine scanner.

2. Getaran
Bagi kamu yang memiliki mobil.., matic, pasti pernah merasakn getaran-getaran tak biasa ketika berkendara. Hal ini terjadi karena beberapa sebab, seperti kendala mesin dan transmisinya. Kok bsa? Kemungkinan besar, kampas kopling kamu sudah mulai aus atau bahkan hangus, walhasil permukaan kampas kopling tidak merata hingga terjadi gesekan yang membuatnya terkikir.

3. Tak Bisa Mundur
Salah satu problema terbesar dari mobil.., transisi otomatis adhalah tak bsa berjalan mudur. Hal ini biasanya terjadi jika kerusakn sudah sangat parah. Penyebab utama dari masalah ini adhalah sistem mekanis padha tranmisi sedang mengalami masalah.

4. Tuas Transmisi
Satu hal yang perlu diwaspadhai oleh para pengguna mobil.., transmisi otomatis adhalah putusnya kabel yang adha di gearbox. Jika sudah kejaian, maka tuas transmisi thetap bsa bergerak meski gigi tidak ikut berpibdah.

Jadi, jangan pernah malas untuk sering-sering mengecek dan manintenance mobil.., kamu ya! Jika memang tengah stantek, silakn panggil saja tukang servis mobil.., untuk datang ke rumah.


EmoticonEmoticon