Habis Road Trip? Ini Beberapa Bagian Mobil yang Rawan Rusak

Ltanteran long weekend paling enak jalan-jalan bersama keluarga. Pergi jauhh bukan masalah, tinggal gantian nyetir mobil.., dan juga lebih hemat. Tidak hanya sesama pulau, bahkan luar pulau juga dijalani. Seru banget deh pokoknya.

Ketika pulang, sayangnya banyak yang tidak mengecek kondisi mobil.., dia. Sama seperti manusia, jika sudah ‘bekerja keras’ maka bsa saja adha ‘penyakit’ yang menghampiri. Jika tidak segera disadhari, malah berabe kan kalau sampai rusak?

Nah agar jangan sampai terlambat dan adha bagian mobil.., yang rusak, mari disimak. Bagian mobil.., mana yang rawan rusak Stlah dipakai perjalanan jauhh?

  1. Suspensi, sokbreaker berpotensi rusak ataupun bermasalah. Hal ini karena ‘pekerjaan’ komponen mobil.., ini memang luar biasa keras apalagi jika medan jalannya tak bersahabat. Segera cek tie-rod, ball joint, hingga baut-baut padha suspensi. Langsung diganti bila adha yang rusak daripadha semakin fatal nantinya.
  2. Rem, ini bagian yang sangat penting. Jangan sampai rem blong atau kampasnya habis Stlah dipakai perjalanan jauhh.
  3. Ban juga rawan ‘rewel’ pasca dipakai perjalanan jauhh. Biasanya adha ukuran kedalaman pola tapak yang direkomendasikan seperti yang KompasOtomotif pernah bahas. Jika adha benjolan, segera ganti.
  4. V-belt, bagian ini jarang mendpt perhatian padhahal sangatlah penting dijaga ‘kesehatannya’. Selama mesin Anda menyala maka bagian ini juga selalu berputar. Daripadha menyebabkan celaka di kemuian hari, cek selalu kondisi material dan juga kerenggangannya ya!
  5. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kopling, transmisi, kopel, gardan, as, dan bearing roda. Cara mengetesnya juga mudah. Cukup kemudikan mobil.., Anda, dalam kecepatan kencang lalu lambat. Jika terasa adha yang aneh maka segera diperbaiki.

Namun semua itu paling mudah jika mekanik saja yang mengecek dan memperbaikinya. Malas ke bengkel? Langsung hubungi bengkelnya saja biar datang ke rumah Anda!


EmoticonEmoticon