Kenapa Merokok di Dalam Mobil Saat AC Menyala Itu Bahaya? Ini Penjelasannya!

Merokok sudah jadi seperti kewajiban bagi beberapa orang. Meski sudah diwanti-wanti jika hal itu berbahaya bagi kesehatan, thetap saja seorang perokok sayat akn sulit untuk menghentikan kebiasaan dia.

Nah, saat ini di beberapa kota sudah mulai diterapkan peraturan untuk tidak merokok di tempat umum. Tak heran jika kebanyakn dari para perokok memutuskan untuk ‘lari’ dan melsayakannya di dalam mobil.., masing-masing agar tak mengganggu yang lain.

Tenggang rasa di atas memang sebuah poin plus. Namun kamu sendiri pasti sering dengar kan jika merokok di dalam mobil.., itu berbahaya, terutama ketika AC menyala? Alasannya, banyak yang bilang jika asap rokok bsa merusak AC. Tapi seperti apa prosesnya? Bukannya AC meniupkan udara yang malah membuat asap rokok hilang?

Seorang pemilik AC Sejuk authorized dealer Denso, Haji Rohim punya sebuah penjelasan untuk menjawab pertanyaan yang pasti sering terbesit dalam pikiran kamu tersebut. Menurutnya, asap rokok bsa membuat evaporator cepat kotor atau bau.

“Enggak boleh merokok dalam mobil.., karena nanti asapnya terhisap oleh blower, asap dari blower kan menempel di evaporator. Akibatnya, evaporatornya cepat kotor, cepat bau,” ujar Haji Rohim.

Untuk sekedar diketahui, blower adhalah sebuah kipas yang fungsinya mengalirkan udara. Lalu evaporator sendiri adhalah penyaring padha sistem AC. Perlu dicatat jika harga evaporator tidaklah murah. Jadi jika kamu tak ingin merogoh kocek dalam-dalam, hindari merokok dalam mobil..,, terutama ketika AC menyala.

Salah satu saran untuk kamu adhalah sering-sering pergi ke tukang servis mobil.., untuk mengecek apakah blower dan evaporator mobil.., kamu bekerja dg baik. Jika malas, panggillah tukang servis ke rumah kamu. Tapi pastikan dulu memanggil yang hkamul dan terpercaya!


EmoticonEmoticon