Sistem Mekanisme Airbag Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Airbag padha mobil.., punya fungsi yang sangat penting, terutama untuk keselamatan pengendara. Seperti diketahui, benda satu ini memiliki mekanisme kerja yang gunanya melindungi daerah kepala, leher dan dadha. Sensor dari airbag sendiri akn otomatis mengirimkan sinyal ke modul kontrol saat mobil.., mengalami benturan keras atau tabrakn. Padha saat itu airbag akn mengembang dan melindungi sang pengendara.

Nah, sebagian dari kamu pasti belum tahu jika modul kontrol padha mobil.., sendiri berupa komputer kecil yang berfungsi menerima data benturan dari sensor. Selanjutnya, modul tersebut akn mengirim sinyal lain ke pemicu perangkat listrik yang berupa kawat tipis.

Di saat arus listrik mengalir, maka kawat akn memanas sehingga membakar propelan airbag yang terdiri dari zat azida natrium. Proses tersebut lalu akn menghasilkan gas nitrogen yang memicu airbag mengembang. Sementara itu, gas nitrogen akn keluar dari airbag yang mengempis Stlah kepala pengemudi membentur airbag. Hasilnya, katung udara itu tidak akn menjepit kepala atau badhan pengemudi. Walhasil, penumpang akn senantiasa aman terjaga.

Perlu diketahui jika adha beberapa jenis sensor jika dilihat berdasarkan letak penempatannya. Di mobil.., lawas, sensor adha di bagian depan mobil..,, sedangkan mobil.., baru, sensor terpasang di modul airbag. Tak cuma itu saja, adha juga sensor yang ditempatkan di pintu untuk mengaktifkan airbag samping. Sementara itu, airbag yang dipasang di dashboard atau lingkar kemudi hanya akn mengembang jika terjadi tabrakn depan atau wilayah 30 derajat dari arah depan kendaran. Dan airbag yang dipasang di samping bakal aktif saat mobil.., terbentur padha sudut tertentu. Airbag yang dipasang di sebelah kiri tak akn mengembang ketika bagian kanan mobil.., mengalami benturan keras, begitu pun sebaliknya.

Sedikit berbeda, dari bagian depan, Airbag samping ini menggunakn tabung gas argon terkompresi dg tingkat tekanan berkisar 3.000-4.000 psi. Saat mobil.., mengalami benturan, gas itu akn terlepas dan berfungsi memicu airbag mengembang. Seperti halnya nitrogen, gas argon ini aman bagi para pengendara.


EmoticonEmoticon