Tips Mengemudi Mobil Saat Banjir

Musim hujan sedang mencapai puncaknya. Hujan deras hampir setiap hari, meski tidak sampai menyebabkan banjir. Namun bagaimana jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan ini?

Tentunya dpt menjadi pengalaman yang menyebalkan jika suatu saat mobil.., terjebak banjir dan tibaâ€"tiba mogok. Oleh karena itu, padha saat melintasi genangan air yang cukup tinggi, diperlukan waspadha lebih dan menerapkan gaya mengemudi yang jitu dan ekstra hatiâ€"hati.

Pertama, matikan AC mobil.., saat melintas di jalan atau area yang sedang banjir. Ini tujuannya adhalah mengurangi beban kinerja mesin. Sehingga meminimalisir risiko terjadinya konsleting padha sistem kelistrikan mobil.., saat banjir.

Jika sudah melewati area banjir, Anda bsa kembali menyalakn AC. Kemuian, agar mesin mobil.., tidak mati juga adha tipsnya. Untuk transmisi manual, caranya adhalah tahan setengah kopling kemuian besarkan gas mobil.., mencapai angka 2500 rpm.

 

Hal ini gunanya besar sekali. Yaitu untuk meminimalkan air masuk ke dalam mobil.., melewati celah-celah seperti knalpot atau lubang filter udara. Nah bagaimana jika mobil..,nya matic atau otomatis?

Sedangkan bagi yang menggunakn transmisi otomatis, kemudikan mobil.., padha gigi terendah padha “1” atau “L”â€" untuk menstabilkan putaran mesin. Sebaiknya padha saat melintasi banjir posisikan mobil.., sedikit ke tengah jalan, karena genangan air di bagian tersebut biasanya adhalah yang paling rendah.

Hindari tepi-tepi jalan karena biasanya genangan airnya lebih tinggi. Lalu bagaimana jika skenario terburuk terjadi, yaitu genangan air mencapai tinggi separuh dari mobil.., Anda? Jangan langsung panik, melainkan langsung putar jalan saja dan jangan dilewati. Air akn masuk melewati celah-celah mobil.., dan mobil.., bsa langsung mogok atau rusak. Bahaya sekali apalagi bagi penumpangnya.

Untuk mengeringkan permukaan di sekitar rem dan mengembalikan kinerja rem, lsayakan pengereman sekitar dua hingga tiga kali secara halus. Demi keamanan, hal ini perlu Anda lsayakan untuk memastikan bahwa rem mobil.., thetap berfungsi dg baik.


EmoticonEmoticon