Tips Merawat Pintu Mobil Yang Perlu Anda Lakukan Setidaknya 6 Bulan Sekali

Jika berbicara mengenai perawatan mobil..,, satu hal yang langsung terlintas di pikiran pastinya adhalah mesin. Namun perlu diingat jika banyak komponen-komponen lain yang juga wajib hukumnya untuk selalu diperhatikan, seperti salah satunya pintu mobil..,.

Akuilah, kamu pasti sering menyepelekan perawatan pintu mobil..,. Padhahal, adha beberapa akibat fatal yang bsa terjadi jika adha kerusakn padha pintu mobil..,. Salah satunya adhalah bila rel kaca sudah mulai tidak berfungsi sempurna sehingga air bsa masuk ke celah pintu. Hal ini bsa membuat penggerak kaca jendela jadi berkarat. Kalau sudah begini, pergerakn naik dan turun kaca dipastikan bakal jadi terasa berat. Begitu juga dg gagang pintu. Jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu sudah kering, maka pintu akn sulit untuk dtanteka.

Nah, adha beberapa kiat yang patut kamu ingat dan catat baik-baik dalam hal merawat pintu mobil.., kamu, yakni..

1. Siapkan peralatan dasar seperti obeng plus dan min, kuas, solar hingga pelumas semprotan.
2. Buka trim pintu (panel penutup) dg posisi kaca turun ke bawah, lalu buka baut pegangan pintu dan gagangnya menggunakn obeng plus. stlahanya, lepas tuas pemutar kaca dg cara mencungkil pin.
3. Buka panel pintu dg mencungkilnya menggunakn obeng min. Jika mobil.., kamu menggunakn ‘power window’, copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dg air sabun dan Stlah kering lap hingga bersih.
4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dg gemuk. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dg solar, lalu olesi dg pelumas.
5. Setel kaca yang miring dg cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. stlah itu, dorong kaca ke belakng dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
6. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa adha pergeseran jika difungsikan. Jika iya, lumasi dg pelumas semprotan. Saat melsayakan penyemprotan, jangan lupa untuk cek dg memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
7. Periksa tangkai besi pengunci pintu, terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
8. Terakhir, pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

Lsayakan langkah-langkah di atas setidaknya 6 bulan sekali.


EmoticonEmoticon