Tips Pintar Mengisi Bensin di SPBU Agar Lebih Hemat

Bahan bakar minyak saat ini seakn-akn sudah jadi kebutuhan pokok karena mayoritas penduduk memiliki kendaraan bermotor sendiri. Sayangnya, ekonomi Indonesia yang tak stabil kerap membuat harga BBM terus-menerus naik dan tak bsa lagi dihindari meski banyak yang melsayakan protes sana-sini.

Nah, ketimbang pusing ikutan demo atau protes yang tidak membuahkan hasil, lebih baik kamu mulai menghemat bensin dari diri sendiri seperti cermat dalam mengisi bensin. Mungkin sebagian besar dari kamu tidak tahu, namun adha beberapa trik untuk mengisi bensin di SPBU yang sangat berguna untuk menghemat loh! Apa saja? Simak daftarnya berikut..

1. Isi Bensin Sore atau Malam Hari
Mungkin hal ini terdengar tidak adha hubungannya, namun mengisi bensin di siang hari, terutama di saat matahari menyengat membuat bensin lebih cepat dan mudah memuai. Maka dari itu, sangat ianjurkan untuk mengisi bensin padha sore atau malam hari karena udara dingin akn membuat bensin jadi lebih padhat. Terlebih lagi, antrean pembeli juga biasanya jauhh lebih sedikit di sore atau malam hari.

2. Setting Nosel
Satu hal yang perlu kamu ketahui, adha sebuah settingan bernama nosel dari mesin pengisian bensin di spbu. Lalu adha tiga trigger level nosel, yakni low, medium mdan high. Jika nosel adha di posisi low mode, maka bensin akn masuk secara perlahan dan jumlah bensin yang menguap pun akn terminimalisir. So, jangan ragu minta petugas SPBU untuk mengisi bensin kendaraan kamu dg setting nosel slow or low mode.

3. Hindari Mengisi Ketika Bensin Mepet
Sebsa mungkin, hindari mengisi bensin terlalu mepet ketika mau habis. Karena tangki bensin yang kosong memiliki banyak ruang udara sehingga bensin pun akn lebih mudah menguap gara-gara udara dalam ruang kosong tersebut. So, sering-sering mengisi bensin ketika dalam keadhaan setengah penuh.

4. Jangan Mengisi Barengan Dengan Truk Bensin
Pasti kamu pernah mengisi bensin di SPBU barengan dg truk bensin yang tengah melsayakan pengisian storage tank. Nah, sebsa mungkin hindari mengisi di SPBU yang tengah diisi oleh truk bensin dan carilah SPBU lainnya.

Alasannya, kotoran yang saat itu adha di dasar ruang penyimpanan akn tercampur dg bensin baru yang diisikan. Maka, jika kamu mengisi di SPBU itu, kemungkinan kotoran-kotoran tadii akn ikut masuk dalam kendaraan kamu.


EmoticonEmoticon